Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
FSV 2017 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 02 Februari 2017 09:50

Model Pengelolaan Air Terpadu Untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Dan Indeks Pertanaman Menghadapi Perubahan Iklim

(Ir. Hendri Sosiawan, CESA)



RINGKASAN

Penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan khususnya sumber daya iklim dan air harus mampu mendukung terealisasinya swasembada padi, jagung, kedelai (pajale), cabe dan kakao melalui peningkatan produksi komoditas unggulan tersebut . Di bidang pertanian air merupakan faktor utama penentu kelangsungan produksi pertanian, namun pengelolaannya untuk kelangsungan sumber daya air tersebut masih menghadapi banyak kendala baik pada skala daerah irigasi maupun daerah aliran sungai (DAS) dan seringkali memunculkan masalah baru yaitu kelangkaan air, kekeringan dan banjir, dan banyak permasalahan air lain yang terkait. Kondisi ini diperparah dengan maraknya kompetisi penggunaan air antara sektor pertanian dengan pengguna air lainya baik domestik, municipal dan industri.

Untuk itu data dan informasi sumberdaya air yang akurat, terekam dalam format sistem informasi berbasis Daerah Aliran Sungai mutlak diperlukan. Permasalahan yang dihadapi saat ini keberadaan data tersebut terfragmentasi di berbagai institusi dengan bentuk, format, jenis, waktu penyajian dan metode yang berbeda. Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan kuantifikasi dan integrasi data sumberdaya air sehingga dapat memberikan informasi secara menyeluruh baik spasial, tabular dan temporal tentang kondisi sumberdaya air di suatu wilayah.

Data dan informasi sumberdaya air yang terintegrasi dapat digunakan sebagai dasar penyusunan model optimalisasi sumberdaya air untuk menjawab permasalahan kelangkaan air, peningkatan produksi pertanian terutama dalam upaya adaptasi  terhadap perubahan iklim. Model tersebut dapat digunakan sebagai informasi awal dalam menentukan teknologi pengelolaan air yang tepat, untuk menjamin keberlanjutan ketersediaan sumberdaya air suatu DAS. Lebih lanjut model pengelolaan air tersebut perlu diaplikasikan pada skala petani untuk menjawab permasalahan aktual di lapangan terutama upaya adaptasi perubahan iklim. Tujuan umum dari kegiatan penelitian ini adalah: "menganalisis informasi iklim dan air yand dijadikan sebagai dasar untuk menyusun rekomendasi teknologi pengelolaan air terpadu pada lahan kering, lahan tadah hujan dan lahan sawah irigasi mendukung peningkatan produksi dan indek pertanaman". Sedangkan tujuan spesifiknya adalah sebagai berikut:1.     Menyusun Sistem Informasi Sumberdaya Air Pertanian Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua; 2.   Menyusunan Desain Pemanfataan Sumberdaya Air Alternatif untuk Menghadapi Perubahan Iklim; 3.   Menyusun desain pengelolaan air dan teknologi irigasi hemat air kawasan pengembangan pajale, dan 4. Menyusundanmengembangkan Model  Food Smart Village untuk Pengelolaan Air Terpadu Lahan Sawah Tadah Hujan Mendukung Pajalebabe. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan serangakain metodologi yaitu analisis ketersediaan air menggunakan aplikasi model hidrologi IFAS, analisis kebutuhan irigasi level administrasi menggunakan model neraca air daerah irigasi, serta penyusunan Atlas sumberdaya air; melakukan eksplorasi, eksploitasi dan menyusun rancang bangun pengelolaan air dari sumber air alternatif; melakukan survei identifikasi potensi sumberdaya air permukaan dan melakukan desain dan implementasi pengelolaan air dan teknik irigasi hemat air pada kawasan pengembangan pajale; menyusun rancang bangun model pengelolaan air terpadu pada desa mandiri pangan dan melakukan implementasi desa mandiri pangan pada lahan tadah hujan mendukung pengembangan pajalebabe.

Kata kunci: pengelolaan sumberdaya air terpadu, pajalebabe, model hidrologi, pengelolaan air dan teknik irigasi hemat air, desa mandiri pangan.

Kerangka keterkaitan dan keterpaduan pengelolaan sumberdaya air daniklim yang dikemas dalam model desa mandiri pangan (Food Smart Village)

Penelitian 2017

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com