Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Sistem Irigasi Pompa Tenaga Surya PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 September 2017 15:59

Pertanian Modern menggunakan Sistem Irigasi Pompa Tenaga Surya



Balai penelitian Agroklimat dan Hidrologi mengembangkan teknologi pertanian modern di lahan kering dengan aplikasi sistem irigasi pompa tenaga surya (SIPTS). Teknologi ini telah diterapkan di beberapa lokasi diantaranya Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Sukabumi.

SIPTS ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya adalah Panel surya, kontroler, baterai, inverter, pompa air dan jaringan pipa  irigasi. Sistem kerja dari teknologi ini yaitu sinar matahari yang ada ditangkap oleh panel-panel surya kemudian melalui kontroler ditampung ke dalam baterai, selanjutnya tenaga listrik yang dihasilkan diubah dari aliran listrik DC menjadi AC oleh inverter sebelum digunakan untuk menggerakkan pompa yang akan membawa air dari sumber air menuju lahan dengan jaringan pipa irigasi yang sudah ada.

Teknologi ini sangat cocok digunakan untuk pertanian di lahan kering. Secara kajian dinilai lebih ekonomis karena tenaga pengangkat air berasal dari tenaga matahari. Selain itu teknologi ini juga dapat menekan biaya tenaga dan biaya bahan bakar minyak yang digunakan untuk pompa bermesin diesel.

 

Sistem irigasi pompa tenaga surya

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com