Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Irigasi Big Gun Sprinkle PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 12 Oktober 2017 12:37

Irigasi Big Gun Sprinkle

Untuk meningkatkan produksi pertanian, tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan air permukaan, termasuk air hujan. Oleh karena itu perlu alternatif lain termasuk pemanfaatan air tanah dalam. Di daerah tertentu selain air pemukaan, terdapat juga potensi air yang didapat dari sumber air tanah dalam. Dengan menggunakan potensi ini maka peningkatan produksi pertanian dapat dicapai.

Teknologi ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya pompa air tanah dalam, bak penampung, jaringan irigasi, kolam penampung, pompa, dan big gun sprinkle. Air tanah dalam yang dipompa ditampung dalam bak penampung, kemudian secara gravitas didistribusikan ke kolam penampung yang tersebar di lahan pertanian, kemudian untuk teknik penyiraman digunakan pompa dan big gun sprinkle.

Dengan teknik irigasi/penyiraman menggunakan big gun sprinkle ini, satu posisi big gun sprinkle dapat megairi kurang lebih 2000 meter persegi. Dengan begitu untuk satu ha lahan pertanian hanya diperlukan pemindahan posisi big gun sprinkle kurang lebih sebanyak lima kali.

Setelah dikaji, penerapan teknologi ini dapat menghemat air, tenaga, dan bahan bakar menjadi lebih efisien dibandingkan dengan cara konvensional yaitu dengan cara leb. Teknologi ini telah diterapkan dibeberapa lokasi, salah satunya adalah Kebun Percobaan Sandubaya di Lombok Timur. Dengan adanya potensi sumber air tanah dalam dan memfaatkanya untuk penyiraman/irigasi  maka peningkatan produksi di kebun percobaan ini bisa dilakukan.

Irigasi Big Gun Sprinkle Irigasi Big Gun Sprinkle Irigasi Big Gun Sprinkle

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com