Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pendampingan dan Bimtek Embung PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 30 November 2017 15:13

KERJASAMA ANTARA KEMENTERIAN PERTANIAN DENGAN KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI

pada

APRESIASI IMPLEMENTASI DESAIN DAN PENDAMPINGAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PANEN AIR UNTUK MENINGKATKAN INDEKS PERTANAMAN DI LAHAN 4 JUTA HEKTAR DAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBANGUNAN EMBUNG DESA UNTUK PENDAMPING DAN TENAGA AHLI KABUPATEN TAHUN 2017


Pada tanggal 14-16 November 2017 bertempat di di Lor In Sentul Hotel-Bogor, telah dilakukanPendampingan dan Bimtek Embung melalui Apresiasi Implementasi Desain dan Pendampingan Pembangunan Infrastruktur Panen Air untuk Meningkatkan Indeks Pertanaman di Lahan 4 Juta Hektar dan Bimbingan Teknis Pembangunan Embung Desa untuk Pendamping Desa dan Tenaga Ahli Kabupaten Tahun 2017. Kegiatan tersebut merupakanKersajama Kementerian Pertanian dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada pendamping desa dan Tenaga Ahli Infrastruktur Kabupaten dalam rangka menyusun desain dan rencana biaya pembangunan infrastruktur panen air (embung, dam parit, long storage, dan pompanisasi) yang sesuai dengan kondisi dan potensi sumberdaya airnya. Pada acara tersebut dihadiri oleh 215 Pendamping Desa Kemendesa PDTT dari 21 Provinsi, Tenaga Ahli Infrastruktur Kabupaten, Badan Litbang Pertanian dan Ditjen PSP Kementerian Pertanian, serta Danramil dan Mantri tani dari Kabupaten Toli-Toli.

Dalam acara tersebut dihari pertama dilakukan pembukaan oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian sekaligus sebagai Keynote speech, kemudian dilanjutkan dengan dua sidang pleno dengan pembicara dari Dirjen PPMD Kemendesa PDTT, Dirjen PSP Kementan, TAM bidang Infrastruktur dan, Direkur Pembangunan Sarana Prasarana Desa-Kemendesa PDTT.

Acara pembukaan Bimtek

Gambar 1. Acara pembukaan

Dalam sidang pleno tersebut dibahas tentang Arah dan Kebijakan Pengembangan Infrastruktur Air di Pedesaan, Program dan Kebijakan Pengembangan Infrastruktur Panen Air di Kementerian Pertanian, Analisis dalam Perhitungan Dimensi Infrastruktur Panen Air dan, Dukungan Dana Desa untuk Pembangunan Embung. Untuk membekali peserta  tentang teknologi panen air, desain dan peran kelembagaan petani pemakai air maka, pada hari pertama peserta jugadiberikan pelatihan Inovasi Teknologi dan Kelembagaan. Selanjutnya untuk memberikan gambaran nyata tentang teknologi panen air, pada hari kedua dilaksanakan Fieldtrip dengan mengunjungi DAM PARIT yang berada di Desa Sukakarya, Kec. Megamendung dan mengunjungi EMBUNG yang berada di Desa Gunung Malang, Kec. Tenjolaya-Kab. Bogor.

field trip

Gambar 2. Kunjungan ke lokasi embung dan dam parit

Pada hari ketiga peserta diberi pembekalan tentang Implementasi Teknologi Panen Air dengan mengambil informasi dari Studi Kasus di empat propinsi yaitu propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan, Sulawesi Selatan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com