Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Sambutan Ka Balitklimat PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 26 April 2018 11:13

Sambutan Kepala Balitklimat

“Sosialisasi dan Bimtek Pemanfaatan SI Prediksi Iklim untuk Pertanian dan Risiko Kekeringan untuk Adaptasi Perubahan Iklim”

Jambi, 26 April 2018

Assalamu alaikum warohmatullohi wr.

Ysh.:

-    Kepala BPTP Jambi,

-    BMKG Jambi,

-    Dekan Fak Pert. UnJamb,

-    Bappeda Prov. Jambi,

-    Balitbangda Prov

-    Kepala Dinas Prov/ Kab,

-    Kepala BPTPH Prov. Jambi, rekan-rekan peneliti BPTP Jambi dan hadirin peserta bimtek yang berbahagia,

Puji syukur kehadirot Alloh swt kita panjatkan pada hari ini kita dapat berjumpa dalam nikmat dan hidayah-Nya dlm keadaan sehat wal afiat. Kami juga menyampaikan terima kasih dan perhargaan yg setinggi2nya atas kehadiran bpk/ ibu sekalian dalam acara yg cukup penting ini.

Bapak/Ibu dan hadirin yang saya hormati, perkenalkan kami dari Balitklimat, Bogor yang memiliki tupoksi penelitian bidang agroklimat dan hidrologi sangat-sangat mendukung program strategis Kementan dalam upaya peningkatan produksi pangan dan upaya swasembada pangan berkelanjutan bahkan ingin mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.

Salah satu hasil penelitian Balitklimat adalah SI Prediksi iklim dan risiko kekeringan padi untuk adaptasi perubahan iklim —> perlu sosialisasi dan dimanfaatkan.

Oki, tujuan utama kegiatan ini adalah: (1) sosialisasi SI Prediksi Iklim, (2) memberikan pemahaman pentingnya hasil penelitian dan kemanfaatannya untuk stakeholder (dinas dan petani) serta (3) mendapatkan umpan balik dari pengguna terhadap Teknologi SI ini demi penyempurnaan sistem yang ada karena iptek akan selalu berkembang.

Bapak/Ibu yang saya hormati, arti penting SI prediksi iklim ini salah satunya adalah memberi kepastian petani bahwa dalam 6 bulan kedepan apkah masih ada air hujan atau sumber air lainnya jika dilakukan tanam padi. Saat ini program utama Kementan dengan Upsusnya dituntut peningkatan LTT. Contoh provinsi yg selalu minta rekomendasi ini, Sumsel, Sumut dan provinsi sentra padi lainnya.

Sistem yang dibangun merupakan data resmi dari BMKG dan dengan bekerjasama dengan ITB Bandung kita downscalling data iklim tsb per kabupaten seluruh Indonesia. Beberapa data yang tersedia CH, Hari Tanpa Hujan, dll dalam dasarian (10 harian) dalam 6 bulan ke depan. Sehingga cukup untuk perencaan bagi petani apkh perkiraan tersebut cukup untuk budidaya padi ke depan.

Selanjutnya informasi ini sudah tersedia di website kami: balitklimat.litbang.pertanian.go.id dan katam.litbang.pertanian.go.id untuk risiko kekeringan. Para peneliti yg hadir disini nanti akan menjelaskan secara detail teknologi SI tersebut, sekali lagi kami mengharap saran dan masukan sebagai umpan balik.

Saya mengharapkan peran aktif dari Bapak/Ibu yang hadir pada acara ini sehingga teknologi ini dapat bermanfaat bagi kemajuan pertanian di Jambi pada khususnya dan di Inonesia pada umumnya.

Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalamu alaikum wr wb

Kepala Balitklimat,

 

Dr. Harmanto, M Eng.

 

Sosialisasi dan Bimtek Pemanfaatan SI Prediksi Iklim untuk Pertanian dan Risiko Kekeringan untuk Adaptasi Perubahan Iklim Jambi, 26 April 2018

Terakhir diperbarui Kamis, 26 April 2018 11:56
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com