Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Survei dan Investigasi Desain untuk Optimasi Lahan Rawa PDF Cetak E-mail
Oleh feni   
Rabu, 24 Juli 2019 12:00

Optimasi lahan rawa merupakan upaya meningatkan kemampuan lahan rawa untuk dapat menghasilkan tanaman pangan lebih tinggi dari rata-rata produksi saat ini, yakni berupa peningkatan Indeks Pertanaman (IP) maupun peningkatan produktivitas lahan. Optimasi lahan rawa difokuskan pada kegiatan: rehabilitasi dan atau penyempurnaan infrastruktur pintu–pintu air irigasi dan boks bagi di tersier maupun sub tersier, penguatan pematang/tanggul, drainase, tabat dan surjan dan lain-lain; rehabilitasi dan penataan infrastruktur lahan sawah sesuai tipology lahan; perbaikan/peningkatan kesuburan lahan rawa; dan penerapan teknologi budidaya padi sesuai tipologi lahan.

Berkaitan dengan kegiatan rehabilitasi dan atau penyempurnaan infrastruktur pintu–pintu air, maka perananan teknik sipil irigasi lahan rawa mutlak diperlukan. Oleh karena itu, sebelum diadakan perencanaan dan desain bangunan pintu air dan bok bagi perlu diadakan Survei dan Investigasi Desain (SID). SID ini digunakan sebagai data awal untuk melakukan perencanaan lebih lanjut. Pelaksanaan SID optimasi lahan rawa dilaksanakan secara bertahap, antara lain : perencanaan umum, tahap investigasi, tahap desain, serta tahap pelaksanaan konstruksi.

SID yang telah dilaksanakan pada 2018 seluas 200.000 ha, sisanya seluas 300.000 ha dilaksanakan di tahun 2019. SID harus menampilkan kebutuhan infrastruktur (pompa, listrik, jalan), dimensi pembangunan maupun rehabilitasi jaringan (Saluran Drainase Utama, saluran konektivitas, saluran tersier, saluran cacing, pintu air, box bagi, tanggul/talud, jalan usaha tani, dll), serta biaya yang dibutuhkan (RAB) yang Selanjutnya digunakan sebagai bahan untuk menyusun Detail Engineering Design (DED).

Berikut adalah lokasi SID pada tahun 2018, ada 4 provinsi termasuk Jambi, Lampung, Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Cakupan SID untuk keempat sebesar 201.356 ha.

 

Untuk kegiatan SID tahun 2019, akan dilakukan di Provinsi Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan dengan detail sebagai berikut :

 

Kegiatan optimasi lahan rawa difokuskan pada perbaikan infrastruktur air dan lahan melalui pembangunan/perbaikan infrastruktur. Strategi pelaksanaan kegiatan lokasi optimasi lahan rawa dilakukan melalui kerjasama partisipatif dengan petani, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi padi dan penyerapan tenaga kerja.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com