Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Hasil-hasil Penelitian
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Pandu PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 14:54

17.   Kebun Percobaan Pandu

Kebun Percobaan (KP) Pandu secara geografis terletak pada 124o 52’ 34” - 124 o 53’29” Bujur Timur dan 1 o 34’ 16” – 1 o 34’ 47”, secara administratif termasuk wilayah Desa Talawaan Bantik, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. Kebun Percobaan Pandu berfungsi sebagai wahana dan sarana untuk pengkajian dan penelitian uji multi komoditas dan inovasi teknologi pertanian Badan Litbang Pertanian dibawah pengelolaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Manado. Luas KP Pandu + 90 hektar dengan jenis komoditas yang ada saat ini adalah Kelapa, Pala, Pinang, Duku, dan jagung. BPTP Manado merencanakan penataan ulang (redesign) KP Pandu sebagai KP uji multi komoditas dan inovasi teknologi pertanian sekaligus sebagai sarana desiminasi inovasi teknologi pertanian bagi masyarakat Sulawesi Utara. Rencana blok percobaan terdiri dari blok tanaman kelapa, pala, tanaman pangam, tanaman buah-buahan  terdiri dari blok percobaan nangka, mangga, duku, durian, blok percobaan budidaya pinang, budidaya lorong dan pengembangan mini ranch untuk sapi serta blok konservasi. Rencana penataan ulang KP Pandu berdasarkan tata letak komoditas disajikan pada Gambar 1.

Peta rencana penataan ulang KP Pandu berdasarkan jenis komoditasnya

Gambar 1.     Peta rencana penataan ulang KP Pandu berdasarkan jenis komoditasnya

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 12:17
(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Kima Atas PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 14:42

16. Kebun Percobaan Kima Atas

Kebun Percobaan (KP) Kima Atas secara geografis terletak pada 124o 54’ 29” - 124 o 54’59” Bujur Timur dan 1 o 32’ 29” – 1 o 33’ 17”, secara administratif termasuk wilayah Kelurahan Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Kotamadya Manado. Kebun Percobaan Kima Atas berfungsi sebagai wahana dan sarana untuk penelitian budidaya Kelapa dan inovasi teknologi pertanian Badan Litbang Pertanian dibawah pengelolaan Balai Penelitian Tanaman Palmae,  Manado. Luas KP Kima Atas + 60 hektar dengan berbagai varietas Kelapa antara lain Kelapa Genjah Dalam, Kelapa Dalam, Kelapa Genjah Salak, Kelapa Dalam Tengah, Kelapa Genjah Kuning Nias dan Kelapa Kopyor. Selain juga terdapat blok percobaan untuk uji galur dan tumpang sari dengan tanaman kakao, jagung dan cabai, blok tanaman koleksi kelapa berbagai varietas, blok pengelolaan kelapa terpadu, blok percobaan persilangan kelapa produksi tinggi dan substitusi pangan dan sebagainya.

Berdasarkan pra survei identifikasi  karakterisasi KP untuk mendukung penyusunan desain pengelolaan air menunjukkan bahwa kondisi sumberdaya air di wilayah KP Kima Atas yang dapat dimanfaatkan untuk sumber air irigasi berasal dari Sungai Koka dengan kdebit perkiraan berkisar  50 – 150  liter/detik yang mengalir sepanjang tahun. Jarak terdekat sungai dengan lokasi kebun percobaan adalah 60 m dengan beda tinggi kurang lebih 10 m dengan potensi debit yang dapat dieksploitasi sebesar 30 liter/detik dan jarak terdekat dengan lokasi tertinggi adalah 400 m dengan beda tinggi kurang lebih 15 m, dengan potensi debit yang dapat dieksploitasi sebesar 100 liter/detik. Sumur Bor kedalaman 60 meter lebih untuk kebutuhan domestik (kemarau kering. Kondisi bentang lahan KP Kima Atas didominasi oleh relief datar dengan lereng < 3 %. Kondisi aktual KP Kima Atas dan gambar tata letak blok tanaman disajikan pada gambar 1.

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 12:10
(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Laing PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 14:08

15.    Kebun Percobaan Laing

Kebun percobaan Laing memiliki luas 75  ha, berlokasi di  Kelurahan Laying, Kec. Tanjung Harapan, Kab. Solok.  Kebun ini dikelola oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aromatik (Balitro) Bogor.

Kebutuhan air untuk perkantoran dan rumah kaca di KP Laying dipenuhi dari pemanfaatan air tanah menggunakan pompa submersible serta pembuatan reservoir dan menara.  Sedangkan untuk irigasi kebun saat ini diperoleh dari pemanfaatan potensi air Sungai Batang Bingung yang memiliki lebar 6 m, ketinggian permukaan air  20 cm serta potensi debit lebih kurang 50 l/dt).  Air sungai dipompa menggunakan pompa sentrifugal kapasitas rendah (3.5 HP) untuk mengisi reservoir pertama berdimensi 4x4x1m.  Air reservoir pertama selanjutnya dinaikkan menuju reservoir kedua menggunakan pompa sentrifugal berkekuatan 11 HP. Air reservoir kedua lalu disedot menggunakan pompa berkekuatan 3.5 HP untuk mengisi menara air dengan kapasitas tampungan 27 m3 pada ketinggian 3 m. Selanjutnya air dari menara air kemudian didistribusikan menuju lahan di kebun.  Hasil survei menunjukkan bahwa pemanfaatan air Sungai Batang Bingung di KP Laing sangat tidak efisien karena menggunakan banyak pompa dan reservoir

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 12:20
(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Sumani PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:49

14.    Kebun Percobaan Sumani

Kebun percobaan Sumani memiliki luas 25  ha, berlokasi di  Desa Cinangkie, Kecamatan  Sepuluh Koto Singkarak, Kabupaten Solok.  Kebun ini dikelola oleh Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu) Solok.

Saat ini kebutuhan air untuk keperluan kantor dan rumah kaca dipenuhi dari eksploitasi sumber air tanah. Air Tanah diekploitasi melalui pembuatan sumur air tanah dala.  Air dipompa menggunakan pompa submersible kapasitas 5 l/dt, lalu ditampung dalam sebuah eservoir kapasitas 27m3 (3x3x3m) yang dibangun pada ketinggian 3 m dari tanah.  Selain melalui pembuatan sumur air tanah dalam, potensi air tanah di KP Sumani dapat dimanfaatkan dengan membuat sumur gali, karena permukaan air tanah cukup dangkal. Terdapat  beberapa sumur gali dengan kedalaman 6 m serta diameter sumur 1 m.  Walaunpun ketersedian air tanah cukup memadai, terdapat permasalahan kualitas air dikarenakan tingginya kandungan Fe dan Al.

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 12:19
(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Aripan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:49

13.    Kebun Percobaan Aripan

Kebun percobaan Aripan memiliki luas 53.9 ha, berlokasi di  Desa Aripan, Kecamatan  Sepuluh Koto Singkarak, Kabupaten Solok.  Kebun ini dikelola oleh Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu) Solok.

Saat ini kebutuhan air untuk keperluan kantor dan rumah kaca dipenuhi dari eksploitasi sumber mata air yang memiliki kapasitas debit 3.7 l/dt. Air dari sumber mata air dibendung dan ditampung dalam reservoir dengan kapasitas lebih kurang 200 m3. Air dari reservoir dipompa menggunakan pompa submersible kapasitas  debit 16 lt/dt (daya pompa 18.5 kW) untuk mengisi reservoir yang berada pada elevasi 486 m, lebih tinggi kurang lebih 40 di atas elevasi sumber air.  Kapasitas simpan air reservoir kedua adalah 324 m3 (9x9x4 m).

Air dari reservoir didistribusikan secara gravitasi menggunakan pipa. Air dari reservoir mampu melayani kebutuhan irigasi seluas 12 Ha. Air dari Reservoir didistribusikan menggunakan pipa utama galvanized berdiameter 6’.  Jalur utama  dibagi menjadi 3 jalur distribusi menggunakan pipa 4 inci.  Dua jalur distribusi menuju selatan, satu satu jalur menuju utara.  Jalur utara  hingga saat ini belum dimanfaatkan karena kendala lahan belum siap dan kendala sosial. Outlet pipa distribusi berupa keran air yang berfungsi sebagai sumber irigasi yang disambung selang plastik menuju target.

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 11:58
(Selengkapnya)
 


Halaman 6 dari 17
Joomla Templates by JoomlaVision.com