Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Hasil-hasil Penelitian
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Subang PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 11:08

2. Kebun Percobaan Subang

KP SubangKP Subang terletak di Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, berfungsi sebagai tempat percobaan tanaman sayuran dataran rendah, penelitian buah-buahan dan koleksi pelestarian plasma nutfah buah-buahan. KP ini berada pada  ketinggian 80-115 m dpl. Tipe tanah latosol dengan kemiringan 5-70%, curah hujan 2500-3000 mm/tahun, temperatur udara 23-350C, kelembaban udara 26-35 %.  Luas areal mencakup 108,9 Ha terdiri dari: Blok A1= 4,5 Ha (diserahkan kepada Ditjen Peternakan berdasarkan Berita Acara Pinjam Pakai No: 809.1/PL.310/I/12/2010  tanggal 02 Desember 2010), Blok A2 = 3,8 Ha, Blok A3 = 6,2 Ha, Blok A4 = 8,5 Ha, Blok B = 20,5 Ha, Blok C = 65,2 Ha (Gambar 1), lahan penelitian di wilayah ini termasuk lahan kering. Sumber irigasi di blok A sebagai kebun koleksi plasma nutfah, pembibitan dan areal penelitian berasal dari embung yang ditampung di bak penampung menggunakan pompa dan dari PDAM dengan jaringan pipa sepanjang 1100 m. Cara pemberian air ke tanaman adalah dengan disiram  menggunakan selang plastik. Di Blok B (kebun koleksi mangga) dengan kondisi wilayah agak terjal belum ada sarana irigasi, namun pada tahun 2014 direncanakan penyediaan sarana irigasi melalui sumur tanah dalam.  Sedangkan di blok C (kebun koleksi durian dan rambutan) terdapat potensi sumber air yang berasal dari air permukaan (Gambar 1).



Gambar 1.  Kebun Percobaan Subang

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 12:17
(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 - KP Margahayu PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 24 Februari 2014 10:26

Pengelolaan Air KP Lingkup Badan Litbang Pertanian


Pada Tahun 2013 Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi mendapat kegiatan kerjasama dari Badan Litbang Pertanian, yaitu Kegiatan Desain Pengelolaan Air Kebun Percobaan Lingkup Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, sebanyak 21 KP telah dilaksanakan pada tahun 2013, sesuai dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Kegiatan Nomor 1665./LB.620/I.1/3/2013, tanggal 25 Maret 2013.

Laporan hasil kegiatan 21 KP akan dimuat secara berseri.

  1. Kebun Percobaan Margahayu, Lembang

KP Margahayu terletak di desa Cikole kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, pada ketinggian 1250 mdpl. Luas tanah KP Margahayu adalah 405.382 m2 (40.5 ha) dengan areal penelitian seluas 112.525 m2 (11,3 ha). KP Margahayu selain berfungsi sebagai tempat penelitian, juga sebagai koleksi plasma nutfah dan pengembangan benih sumber. Kebun ini juga berpeluang untuk dikembangkan sebagai tempat agro widya wisata bagi masyarakat dan kebun produksi.

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 11:54
(Selengkapnya)
 
Food Smart Village PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 19 Februari 2014 16:18

Food Smart Village sebagai Model Pendekatan Pengelolaan Sumber Daya Air dan Iklim Terpadu untuk Mengurangi Resiko Pertanian Lahan Kering


Penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan khususnya sumber daya iklim dan air harus mampu mendukungterealisasinya percepatan pencapaian empat sukses pertanian tersebut. Di bidang pertanian air merupakan faktor utama penentu kelangsungan produksi pertanian, namun pengelolaannya untuk kelangsungan sumber daya air tersebut masih menghadapi banyak kendala baik pada skala daerah irigasi maupun daerah aliran sungai (DAS) dan seringkali memunculkan masalah baru yaitu kelangkaan air, kekeringan dan banjir, dan banyak permasalahan air lain yang terkait. Kondisi ini diperparah dengan maraknya kompetisi penggunaan air antara sektor pertanian dengan pengguna air lainya baik domestik, municipal dan industri.

Untuk itu data dan informasi sumberdaya air yang akurat, terekam dalam format sistem informasi berbasis Daerah Aliran Sungai mutlak diperlukan. Permasalahan yang dihadapi saat ini keberadaan data tersebut terfragmentasi di berbagai institusi dengan bentuk, format, jenis, waktu penyajian dan metode yang berbeda. Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan kuantifikasi dan integrasi data sumberdaya air sehingga dapat memberikan informasi secara menyeluruh baik spasial, tabular dan temporal tentang kondisi sumberdaya air di suatu wilayah.

Terakhir diperbarui Selasa, 10 Maret 2015 08:34
(Selengkapnya)
 
Pengelolaan Sumber Daya Iklim dan Air PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 19 Februari 2014 15:54

PENGELOLAAN SUMBER DAYA IKLIM DAN AIR KAWASAN SENTRA TANAMAN BUAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM


Produksi mangga sangat tergantung kepada kondisi iklim wilayah terutama kondisi iklim mikro. Anomali iklim yang akhir-akhir ini meningkat baik durasi maupun frekuensinya menjadi faktor pemicu penurunan produksi buah-buahan khususnya mangga. Untuk mengetahui faktor penyebabnya diperlukan karakterisasi dan identifikasi kondisi biofisik baik variabilitas iklim, iklim mikro dan ketersediaan air maupun model pengelolaan budidaya  di sentra mangga. Kegiatan penelitian bertujuan untuk menyusun model pengelolaan sentra tanaman buah unggulan untuk mengantisipasi perubahan iklim. Pada tahun 2013 bertujuan untuk: 1) Menganalisis hubungan tingkat produksi buah dengan variabilitas iklim dan dinamika ketersediaan air, 2) Menentukan karakteristik penciri iklim mikro dan dinamika hidrologi yang mempengaruhi produktivitas dan kualitas tanaman di sentra produksi buah unggulan. 3) Menentukan koefisien tanaman buah pada berbagai fase pertumbuhan, 4) Menyusun desain jadwal dan dosis irigasi untuk peningkatan produktivitas dan kualitas tanaman buah.

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 12:33
(Selengkapnya)
 
Penelitian Teknologi Inovatif dan Adaptif PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 19 Februari 2014 15:15

PENELITIAN TEKNOLOGI INOVATIF DAN ADAPTIF UNTUK EFISIENSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR

 

Oleh :
Popi Rejekiningrum
Nani Heryani
Budi Kartiwa
Hendri Sosiawan
Setyono Hari Adi
Adang Hamdani

 

RINGKASAN

Program peningkatan produksi di bidang pertanian perlu didukung oleh inovasi teknologi dan strategi yang adaptif dengan memanfaatkan sumberdaya iklim dan air secara optimal. Aplikasi teknologi mutakhir seperti teknologi nano yang sudah berkembang pesat di berbagai disiplin ilmu seperti di bidang energi, elektronik, dan bioteknologi sangat dibutuhkan di bidang pertanian.

Terakhir diperbarui Selasa, 10 Maret 2015 08:35
(Selengkapnya)
 


Halaman 9 dari 17
Joomla Templates by JoomlaVision.com