Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Lain-lain
Kunjungan Dubes RI PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 02 Maret 2017 14:36

Kunjungan Dubes RI ke Balitklimat

2 Maret 2017

Bogor – Dalam rangka pertemuan Duta Besar Republik Indonesia yang akan bertugas di beberapa negara termasuk Duta Besar RI untuk FAO Roma pada hari Kamis, 2 Maret 2017 di Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP). Balitklimat mendapat kunjungan setelah agenda pertemuan di BBSDLP. Informasi mengenai teknologi-teknologi agroklimat dan hidrologi dipaparkan oleh Dr. Aris Pramudia, khususnya Balitklimat. Kalender Tanam dan Standing Crop, serta teknologi-teknologi yang dihasilkan oleh Presentasi disampaikan sambil menyantap hidangan makan siang. Hadir pula Kepala Balitklimat Dr. Harmanto, Kepala BBSDLP Dr. Dedi Nursyamsi, Dr. Haryono beserta  para tamu undangan lainnya. Tak lupa para peserta tamu undangan diajak ke Ruang Operasional Kalender Tanam Terpadu.

Kunjungan Dubes RI ke Balitklimat Kunjungan Dubes RI ke Balitklimat

Kunjungan Dubes RI ke Balitklimat

 
Evaluasi Kegiatan 2016 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 18 Januari 2017 14:23

Evaluasi Akhir Tahun Pelaksanaan Kegiatan TA 2016

16-18 Januari 2017


Bogor – Dengan berakhirnya Tahun Anggaran (TA) 2016, Baliklimat melaksanakan Evaluasi Akhir Tahun Pelaksanaan Kegiatan TA 2016 yang berlangsung pada tanggal 16 s/d 18 Januari 2017, bertempat di ruang rapat utama Balitklimat lantai 2. Diawali dengan sambutan, pembingkaian dan pembukaan oleh Dr. Harmanto selaku Kepala Balitklimat serta pembacaan do’a oleh Dr. Aris Pramudia. Pada hari pertama Evaluasi Akhir Tahun RPTP, RDHP, RKTM Tahun 2016 pada sesi pertama dengan bahasan Dukungan Manajemen Administrasi Perkantoran dengan pembicara Drs. Ganjar Jayanto, dilanjutkan Dukungan Program dan Pelaporan oleh Rasta sujono, SE, M.Si dengan moderator Haryono, SP, MM. Sesi kedua Diseminasi Teknologi Hasil Penelitian Agroklimat dan Hidrologi oleh Haryono, SP, MM dan Operasional dan Pemeliharaan Peralaatan Laboratorium serta Kebun Percobaan oleh Dr. Suciantini dengan moderator Rasta Sujono, SE, M.Si. Pembahas yang hadir Dr. Harmanto, Dr. Popi rejekiningrum dan Prof Istiqlal Amien.


Pada hari kedua, sesi ketiga dengan pembicara Dr. Elza Surmaini mempresentasikan Pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi Iklim serta Kebijakan untuk Program Aksi pertanian menghadapi Perubahan Iklim dan Iklim Ekstrim, Desain dan Pemetaan Tingkat Kerentanan Pangan terhadap Anomali Iklim oleh Dr. Budi Kartiwa, dan Pendalaman Identifikasi Wilayah Potensial Pengembangan IP 300 Berdasarkan Peta Potensi Pengembangan Kawasan Pertanian PJKU untuk Penyusunan Strategi Optimalisasi Pemanfaatannya dengan moderator Dr. Harmanto. Pada sesi keempat dengan pembicara Dr. Maswar memaparkan Identifikasi dan Pemetaan Wilayah SDLP Rawan Kebakaran Akibat Iklim Ekstrim Penyusun Strategi Antisipasi dan Kebijakannya, Dr. Nono Sutrisno memaparkan Identifikasi dan Pemanfaatan Air Permukaan untuk Mengantisipasi Iklim Ekstrim dan Meningkatkan Intensitas Pertanaman dan Dr. Popi Rejekiningrum memaparkan Pengembangan Sistem Koordinasi dan Komunikasi Informasi Iklim dan Air Serta Hasil-hasil Penelitian dan Pengembangan Terkait dengan Antisipasi dan Adaptasi Perubahan Iklim dan Iklim ekstrim. Ir. Sidik H Talaohu, MM sebagai moderator, dan para pembahas yang hadir di hari kedua Prof. Irsal Las dan Prof. Istiqlal Amien.

Hari ketiga sesi kelima diawali Dr. Yayan Apriyana sebagai pembicara dengan memaparkan Penilitian Kalender Tanam Terpadu untuk mendukung UPSUS PAJALE pada Lahan Sawah Irigasi dan Lahan Rawa untuk Adaptasi Perubahan Iklim, ada dua paparan Dr. Woro Estiningtyas antara lain Penelitian dan Pengembangan Analisis Key Area Iklim dan Neraca Air Mendukung UPSUS PAJALE dan Analisis Pemetaan Tingkat Kerentanan Pangan terhadap Anomali Iklim dengan moderator Ir. Hendri Sosiawan, CESA dan pembahas Prof. Irsal Las dan Prof. Istiqlal Amien. Pada sesi keenam ada tiga pembicara antara lain Ir Hendri Sosiawan, CESA memaparkan Penelitian Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Iklim dan Air Terpadu pada Berbagai Ekosistem Mendukung UPSUS PAJALE, Cabai dan Kakao; Penelitian dan Pengembangan Pompa Radiasi Surya untuk Pengembangan Tanaman Kedelai, Cabai dan Bawang dipaparkan oleh Dr. Popi Rejekiningrum dan Dr. Yayan Apriyana memaparkan Penelitian Neraca Air Tanaman untuk Pengembangan Sistem Irigasi Tanaman Kakao dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim. Setelah sesi diskusi dibacakan rumusan oleh tim perumus, pengarahan dan penutupan oleh Kepala Balitklimat.

Evaluasi Kegiatan 2016 Evaluasi Kegiatan 2016 Evaluasi Kegiatan 2016

 
Pameran BBOPT PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 25 Mei 2016 15:30

PEKAN PERAMALAN II Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT)

Jatisari Karawang, 23-29 Mei 2016

 

Pekan Peramalan Tahun 2016 di selengarakan pada tanggal 23-29 Mei 2016 di BBPOPT J Raya Kaliasin Jatisari Karawang Jawa Barat. Pekan permalan bertujuan untuk menyebar luaskan informasi pengelolaan OPT melalui penerapan teknologi terkini, ramah lingkungan dan berkelanjutan, dengan mengambil Tema “ Pengelolaan OPT Berteknologi Tinggi, Ramah Lingkungan Berkelanjutan “ (High Technology and Eco-Friendly For Sustainable Pest Management). Peserta Pameran terdiri dari petani, petugas, mahasiswa, pelajar, instansi terkait, stakeholder, pemerhati lingkungan dan budidaya tanaman. Pameran Pekan Peramalan Tahun 2016 di buka Oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman MP, di dampingi Dirjen Tanaman Pangan dan Kepala Balai Besar Peramalan OPT, di lanjutkan keliling Pameran di sekitar Kantor dan pesawahan belakang kantor Jatisari Karawang.

Terakhir diperbarui Jumat, 10 Juni 2016 15:41
(Selengkapnya)
 
Kunjungan Mahasiswa Uniga PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 14 Januari 2016 13:14

Kunjungan Mahasiswa Universitas Garut

14 Januari 2016

Bogor – Kamis pagi, Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat) menerima tamu dari Universitas Garut yang terdiri dari Mahasiswa Fakultas Pertanian, Jurusan Agroteknologi, Angkatan 2014 didampingi oleh para dosen pembimbing. Dalam rangka kunjungan lapang lingkup Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Balitklimat mendapat kunjungan pertama. Tamu diterima oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian (Kasie Jaslit) Balitklimat Haryono, SP, MM di ruangan operasional kalender tanam, hadir juga Kasie Pendayagunaan Hasil Penelitian BBSDLP Drs. Widhya Adhy dan Ir. I. Wayan swastika, M.Si Peneliti Balai Penelitian Tanah (Balittanah).

(Selengkapnya)
 
Ketua Kelti Hidrologi 2016-2019 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 11 Januari 2016 15:45

Pemilihan Ketua Kelti Hidrologi Balitklimat 2016-2019

11 Januari 2016

Seperti yang sebelum-sebelumnya kegiatan rutin 3tahun sekali untuk memilihan ketua baru kelompok peneliti (kelti), saat ini dilaksanakan oleh kelti hidrologi yang bertempat di ruang rapat utama Ketua kelti hidrologi sebelumnya yaitu Ir. Hendri Sosiawan, CESA.

(Selengkapnya)
 


Halaman 3 dari 10
Joomla Templates by JoomlaVision.com