Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Lain-lain
Kunjungan Ikatan Petani Pengendali Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI) ke Balitklimat PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 03 Januari 2011 17:35

KUNJUNGAN IKATAN PETANI PENGENDALI HAMA TERPADU INDONESIA (IPPHTI) KE BALITKLIMAT


Selasa, 14 Desember 2010, Balitklimat menerima kunjungan dari Ikatan Petani Pengendali Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI). Rombongan yang berjumlah lebih kurang 40 orang itu terdiri dari petani, penyuluh/pendamping dan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di IPPHTI yang berasal dari Tasikmalaya, Cilacap dan Toraja Sulawesi Selatan. Adapun tujuan kedatangan rombongan ini adalah untuk bersilaturrahmi dan mendapatkan informasi teknologi unggulan Balitklimat serta kegiatan-kegiatan penelitian lainnya.

Terakhir diperbarui Senin, 13 Oktober 2014 11:19
(Selengkapnya)
 
Komersialisasi Teknologi AWS Telemetri di PTPN VIII (Persero) PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 05 Juli 2010 20:18

LAPORAN KOMERSIALISASI TEKNOLOGI AWS TELEMETRI DI PTPN VIII (Persero)

Lokasi Afdeling Sukawana, Perkebunan Ciater

Tanggal 1 Juli 2010

?

Pengaruh perubahan iklim global sangat berdampak pada pengembangan dan produktivitas komoditas pertanian, tidak terkecuali komoditas perkebunan khususnya teh. Berkaitan dengan hal tersebut memenuhi undangan PTPN VIII yang berdomisili di Bandung, sekaligus memperkenalkan teknologi hasil penelitian Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi telah melaksanakan presentase teknologi hasil penelitian khususnya yang berkaitan dengan peralatan pemantau iklim otomatis system telemetri. Dalam acara tersebut Balai Penelitian Agroklimat telah diwakili Tim yang di pimpin secara langsung oleh Kepala Balai beserta jajarannya (Kepala Seksi Jasa Penelitian dan Ketua Kelti Agroklimat dan Hidrologi). Presentase dihadiri oleh Direktur tanaman teh, para administratur kebun yang berada dibawah koordinasi PTPN VIII kepala bagian tanaman berjumlah 15 orang. Presentase AWS telemetri oleh Dr. Aris Pramudya selaku Ketua Kelompok Peneliti Agroklimat memaparkan beberapa kelebihan stasiun Cuaca system Telemetri dan sensor apa saja yang dapat dipasang, setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan adalah: Berapa Km2 cakupan alat AWS telemetri, pengaruh cuaca terhadap kondisi tanah, apakah alat tersebut bisa mengukur lama penyinaran, Curah Hujan, temperature dan kelembapan, di perkebunan belum ada teknologi panen hujan, apakah Balai bisa memfasilitasi atau minimal kerjasama penelitian sharing biaya.

?

Tindak Lanjut

1. PTPN VIII khusus bagian tanaman teh pada tahun 2011 akan mengusulkan untuk pengadaan alat 2 unit AWS Telemetri.

2. Harapan PTPN VIII ada pelatihan penggunaan alat dan pemanfaatan datanya khususnya pengelola kebun

3. Secara khusus PTPN VIII pada tanggal 8 dan 9 Juli 2010 akan mengadakan pelatihan penyusunan SOP peramalan produksi, Balitklimat diminta bantuaannya untuk menyusun salah satu topik yang berkaitan dengan peramalan iklim.

4. Pada tahun ini PTPN VIII akan menyusun daftar rencana kebutuhan teknologi yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas usaha dan akan disinergikan dengan kegiatan penelitian yang ada di Balitklimat sehingga pada tahun 2011 bisa dijalin kerjasama penelitian salah satunya panen hujan dan aliran permukaan.

?

?

?

?

Suasana Presentase dan foto bersama Direktur Tanaman PTPN VIII Suasana Presentase dan foto bersama Direktur Tanaman PTPN VIII
Suasana Presentase dan foto bersama Direktur Tanaman PTPN VIII

?

Terakhir diperbarui Senin, 23 Januari 2012 17:36
 
Kunjungi UPT Badan Litbang di Jatim, Menristek Tegaskan Penelitian Pertanian Bersama
Sabtu, 20 Juni 2009 02:34

Menristek Kusmayanto Kadiman, didampingi Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Gatot Irianto beserta pejabat eselon II Lingkup Badan Litbang Pertanian, mengadakan kunjungan ke beberapa UPT Badan Litbang Pertanian yang ada di Jawa Timur. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada 29-31 Januari 2009.

Kunjungan Menristek ini bukanlah kali pertama dilakukan, namun bagi Badan Litbang Pertanian kunjungan Menristek kali ini mempunyai arti khusus. Selain dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Departemen Pertanian dengan KNRT, kunjungan kali ini juga dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan kerjasama penelitian pertanian antara Badan Litbang Pertanian dengan KNRT.

(Selengkapnya)
 


Halaman 10 dari 10
Joomla Templates by JoomlaVision.com