Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita
Dispertahortbun Sumenep PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 09 September 2019 15:23

Kunjungan Dispertahortbun Kab. Sumenep

9 September 2019

Bogor - Senin pagi bertempat di Ruang Operasional Kalender Tanam Terpadu Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, dan Perkebunan beserta para penyuluh dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melakukan kunjungan dengan tujuan mempelajari teknologi pertanian yang dihasilkan Balitklimat seperti Kalender Tanam Terpadu dan Sistem Irigasi berbasis Panel Surya. Setelah dibuka oleh Dr. Harmanto selaku Kepala Balitklimat, para peserta mendapatkan overview tentang Kalender Tanam Terpadu oleh Dr. Aris Pramudia yang mewakili Ka.Kelti Agroklimat. Kemudian dilanjutkan temtang pemaparan sistem irigasi oleh Dr. Nani Heryani selaku Ka.Kelti Hidrologi dan dilanjutkan tentang pemanfaatan panel surya sebagai basis energy dalam sistem irigasi oleh Tri Nandar. Kemudian dilajutkan dengan memperlihatkan contoh sistem kerja irigasi berbasis panel surya yang telah dibuat Balitklimat untuk mendukung Program Kementerian Pertanian yang bernama Obor Pangan Lestari (OPAL) yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan pada tingkat rumah tangga yang dapat diterapkan juga di Kabupaten Sumenep. ~ HA

Kunjungan Dispertahortbun Kab. Sumenep

 
Pelatihan OPAL SMAN 7 Bogor PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 06 September 2019 15:35

 

Workshop Singkat pembuatan perangkat OPAL

6 September 2019

Jumat, 6 September 2019 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, 20 orang siswa beserta 5 orang guru dari SMAN 7 melakukan kunjungan guna terwujudnya visi/misi SMAN 7 yaitu sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, bersih, hijau, rindang dan sehat; dengan mengimplementasikan perangkat hidroponik tenaga surya yang termasuk dalam kegiatan OPAL Balitklimat. Setelah dibuka dengan sambutan oleh Kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Dr Harmanto dan perwakilan dari SMAN 7, Kodir; Tri Nandar selaku Teknisi Hidrologi memberi penjelasan teori mengenai teknis perangkat OPAL, yang kemudian para siswa dibagi menjadi 4 kelompok untuk praktek pembuatan perangkat OPAL (hidroponik menggunakan tenaga surya). ~ HA

 

Pelatihan OPAL SMAN 7 Bogor Pelatihan OPAL SMAN 7 Bogor Pelatihan OPAL SMAN 7 Bogor

Terakhir diperbarui Jumat, 06 September 2019 15:45
 
Kunjungan CPNS 2019 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 06 September 2019 15:16

 

Kunjungan CPNS 2019 lingkup BBP2TP ke Balitklimat

6 September 2019

Bogor, Pada hari Jumat, 6 September 2019 bertempat di Ruang Operasional Katam Terpadu, CPNS lingkup BBP2TP mendapat paparan singkat mengenai tupoksi Balitklimat sebagai Eselon III di bawah Unit Kerja BBSDLP. Kunjungan dibuka oleh sambutan dari Kepala Balitkliamt, Dr Harmanto M. Eng, dilanjutkan dengan pemaparan mengeani 2 kelompok peneliti (Kelti) yang ada di  Balitklimat. Membuka sesi pertama pemaparan, Dr. Budi Kartiwa selaku peneliti Kelti Hidrologi memberikan penjelasan mengenai lingkup penelitian di Kelti Hidrologi, dilanjutkan pemaparan dari Kelti Agroklimat yang diwakili oleh ketua Kelti Agroklimat Dr. Yayan Apriana dan peneliti Dr. Aris Pramudia. Dalam sesi oleh Kelti Agroklimat, selain menjelaskan lingkup penelitian Agroklimat, para CPNS ingkup BBP2TP juga mendapatkan demo/overview singkat mengenai SI KATAM TERPADU. ~ HA

 

Kunjungan CPNS 2019 lingkup BBP2TP Kunjungan CPNS 2019 lingkup BBP2TP

Terakhir diperbarui Jumat, 06 September 2019 15:47
 
Exavator Bekerja 24 jam untuk Pangan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 30 Agustus 2019 09:56

Exavator Bekerja 24 jam untuk Pangan, 8 jam per Shift demi 14 Trilliun

 

Capaian Kementerian Pertanian yang spektakuler dinilai Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman adalah buah dari kerja keras segenap jajaran Kementan yang sejak dipimpinnya bertekad untuk memajukan pertanian tanah air.

Dalam beberapa kesempatan, Menteri Amran selalu berpesan kepada seluruh jajaran Kementan untuk terus bekerja keras dalam mewujudkan swasembada dan kesejahteraan petani.

"Kami siap bekerja 24 jam untuk mewujudkan swasembada dengan terus meningkatkan produksi komoditas pertanian," tegas Amran.

(Selengkapnya)
 
Sambutan Ka Balitklimat PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 26 April 2018 11:13

Sambutan Kepala Balitklimat

“Sosialisasi dan Bimtek Pemanfaatan SI Prediksi Iklim untuk Pertanian dan Risiko Kekeringan untuk Adaptasi Perubahan Iklim”

Jambi, 26 April 2018

Assalamu alaikum warohmatullohi wr.

Ysh.:

-    Kepala BPTP Jambi,

-    BMKG Jambi,

-    Dekan Fak Pert. UnJamb,

-    Bappeda Prov. Jambi,

-    Balitbangda Prov

-    Kepala Dinas Prov/ Kab,

-    Kepala BPTPH Prov. Jambi, rekan-rekan peneliti BPTP Jambi dan hadirin peserta bimtek yang berbahagia,

Puji syukur kehadirot Alloh swt kita panjatkan pada hari ini kita dapat berjumpa dalam nikmat dan hidayah-Nya dlm keadaan sehat wal afiat. Kami juga menyampaikan terima kasih dan perhargaan yg setinggi2nya atas kehadiran bpk/ ibu sekalian dalam acara yg cukup penting ini.

Terakhir diperbarui Kamis, 26 April 2018 11:56
(Selengkapnya)
 


Halaman 1 dari 20
Joomla Templates by JoomlaVision.com