Info Penelitian|

            Irigasi curah (Springkler Irrigation) merupakan metode pemberian air pada tanaman yang dilakukan melalui curahan air, seperti curahan air hujan. Sistem ini merupakan salah satu alternatif metode pemberian air dengan efisiensi pemberian air lebih tinggi dibandingkan dengan irigasi permukaan (surface irrigation). Tekanan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kinerja sprinkler. Sistem irigasi curah terbagi menjadi set system (pencurah memiliki posisi yang tetap) dan continuous-move system (pencurah dapat dipindah-pindahkan). Tipe hose-fed springklers merupakan sistem irigasi curah yang termasuk dalam kelompok set system.

            Berdasarkan hasil survey identifikasi tanah, kondisi topografi, analisis data ketersediaan dan kebutuhan air yang telah dilakukan, maka dilakukan pemasangan sistem irigasi  spray hose irrigation

di Kebun Percobaan (KP) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat. KP Sukamulya merupakan salah satu kebun percobaan yang dikelola oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Puslitbang Perkebunan, Badan Litbang Pertanian. Secara geografis, KP.  Sukamulya berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi dengan lahanseluas 48,56 ha berada pada ketinggian 350 mdpl. Curah hujan tahunan berkisar antara 2600-3000 mm, suhu udara berkisar antara  17oC – 32oC dengan kelembaban udara antara 50%-90%.

            Sistem irigasi ini menyemprotkan air melalui selang berlubang dalam ukuran mikro. Sistem ini lebih hemat air karena air yang digunakan disimpan di tangki dan langsung dialirkan kelapangan serta tidak membanjiri parit sehingga dapat mengurangi penguapan dan kehilangan air. Jaringan irigasi ini diplikasikan pada lahan seluas 6900 m2 (Gambar 1). Volume air yang terukur dalam sistem irigasi ini memudahkan pengguna untuk merancang desain irigasi yang optimal (Gambar 2 ).

Gambar 1. Desain Percobaan Irigasi di KP Sukamulya
Gambar 2. Pemasangan jaringan irigasi di KP. Sukamulya

Bahan-bahan yang digunakan untuk pemasangan jaringan irigasi antara lain

1)  Summersible pump merk shimizu 1 HP, daya 220 volt – 50 Hz dengan debit aliran sebesar 1lt/detik;

2)  Selang hose spray berdiameter ¾ inch merk Sansui; dan

3) Pipa PVC berbagai ukuran dan aksesorisnya.

         Pemasangan kelengkapan jaringan seperti pompa, tangki air (toren) dan perangkat pendukung irigasi lainnya disatukan dalam rumah pompa untuk memudahkan kontrol peralatan sebagai berikut (Gambar 3).

Gambar 3. Rumah Pompa KP. Sukamulya

Comments are closed.

Close Search Window