Berita Aktual|

Pada hari Senin, 11 Januari 2021 telah diserahterimakan Teknologi Hidroponik 4.0 Skala Rumah Tangga dari Balitklimat kepada Kelompok Wanita Tani “Bina Tani” dari Kelurahan Muarasari, Kampung Buntar RT. 04 RW.08 Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Adapun cara bercocok tanam metode hidroponik sudah cukup dikenal masyarakat. Namun kendala biaya listrik dan teknologi otomatis yang digunakan untuk menyalakan pompa menjadi hambatan utama sistem ini kurang di manfaatkan dengan baik.

Pengembangan sistem hidroponik tenaga surya dengan teknologi 4.0 by Android menjadikan hidroponik ini tidak membutuhkan listrik yang dibebankan pada tagihan rumah tangga. Sistem tenaga surya sebagai sumber energi menjadikan sistem ini hemat energi dan ramah lingkungan.

Penambahan teknologi 4.0 by Android dalam hidroponik ini membuat sistem irigasi atau pengairannya dapat diatur. Sehingga tidak selalu air dalam hidroponik ini mengalir namun pada waktu tertentu yang diatur oleh kontrol timer ataupun sensor dan waktu otomatis serta dapat dikendalikan melalui teknologi 4.0 by Android dimanapun kita berada.

Comments are closed.

Close Search Window