Berita Aktual|

Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat) melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dalam rangka mensosialisasikan teknologi dan inovasi agroklimat dan hidrologi pada tanggal 24 Mei 2021. Kegiatan ini dihadiri 50 peserta meliputi petani, penyuluh, tim pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT). Hadir dalam acara ini Kepala UPTD Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Bpk. Ir. Yadi Purwadi memberikan sambutan dan arahannya, dari Balitklimat sambutan dan arahan disampaikan oleh Bapak Anggri Hervani, MSc, mewakili Kepala Balitklimat. Materi bimtek yang disampaikan ke petani yaitu karakteristik hujan ekstrim dan analisis kebutuhan air

Dalam acara ini diserahkan juga kumpulan publikasi Balitklimat oleh Bpk. Anggri Hervani mewakili Kepala Balitklimat kepada Bpk. Yadi Purwadi selaku Ka. UPTD Tempuran.

Antusiasme peserta terlihat dari keterlibatan aktif seluruh peserta dalam diskusi terkait materi yang disampaikan. Dari diskusi dengan peserta dan kepala UPTD Tempuran terungkap bahwa masalah pertanaman padi di wilayah Tempuran adalah terkait saluran irigasi yang mengalami sedimentasi sehingga volume air irigasi yang tersedia tidak mencukupi seluruh areal persawahan, disamping itu pengaruh sedimentasi di hilir sungai (laut) juga menyebabkan tertahannya air saluran pembuangan pada saat musim hujan sehingga menyebabkan genangan di areal persawahan sehingga mengakibatkan gagal panen. Dengan adanya bimtek ini diharapkan informasi terkait iklim dan prediksi iklim dapat membantu petani dalam perencanaan tanam dan untuk mengantisipasi kekeringan dan kebanjiran petani dapat menerapkan irigasi hemat air dengan memberikan irigasi sesuai kebutuhan tanaman dan juga membuat tampungan-tampungan air pada saat air berlimpah. Disamping itu pemeliharaan saluran irigasi perlu dilakukan secara berkala berkoordinasi dengan istansi terkait.

Comments are closed.

Close Search Window