Info Penelitian|

Berdasarkan prediksi peluang curah hujan pada Dasarian II Februari, sebagian besar wilayah Indonesia berpeluang mengalami  curah hujan > 50 mm.

Di Pulau Sumatera, Sebagian besar wilayah berpeluang mengalami curah hujan > 50 mm. Wilayah yang berpeluang kecil, terdapat di Pantai Timur Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Sementara itu untuk wilayah pantai barat Sumatera wilayah yang berpeluang kecil terdapat di provinsi Aceh, Sumatera Barat (selatan) dan Bengkulu (utara).

Di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara seluruh wilayahnya berpeluang mengalami curah hujan > 50 mm.

Hampir sama dengan Pulau Jawa, untuk Pulau Kalimantan, sebagian besar wilayah berpeluang mengalami curah hujan > 50 mm. Wilayah yang berpeluang kecil untuk memiliki curah hujan > 50 mm terdapat di sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Utara bagian utara (wilayah perbatasan dengan Malaysia) dan sebagian kecil wilayah Kutai Timur di Kalimantan Timur.

Untuk Pulau Sulawesi, Sebagian besar wilayah selatan meliputi Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo dan Sulawesi Utara memiliki peluang curah hujan > 50 mm. Sebagian wilayah Provinsi Sulawesi Tengah bagian selatan dan Sulawesi Barat juga berpeluang memiliki curah hujan > 50 mm. Wilayah pantai barat Sulawesi Tenggara memiliki peluang kecil untuk terjadi hujan > 50 mm.  Dibandingkan dengan provinsi lainnya, sebagian besar wilayah Sulawesi Barat memiliki peluang kecil untuk memiliki curah hujan > 50 mm

Untuk Kepulauan Maluku, sebagian besar peluang curah hujan > 50 mm terjadi di Pulau Halmahera dan Pulau Seram dan Pulau Buru bagian utara.

Sedangkan di Papua Barat seluruh wilayah berpeluang memiliki curah hujan > 50 mm.

Berdasarkan prediksi peluang curah hujan pada Dasarian III Februari, wilayah Indonesia yang berpeluang mengalami curah hujan > 50 mm, mulai berkurang dibandingkan prediksi peluang curah hujan pada dasarian II. Pergerakan penurunan sebaran tersebut, terjadi mulai dari utara Pulau Sumatera ke arah selatan, kemudian dari arah utara Kalimantan, Sulawesi dan Papua Barat. Sementara itu di wilayah tenggara, pergerakan penurunan sebaran wilayah yang berpeluang memiliki peluang curah hujan > 50 mm dimulai dari pantai timur Pulau Timor, ke arah barat meliputi pantai barat Flores, Sumba dan Sumbawa, dan ke arah pulau-pulau di sekitar Laut Banda.

Di Pulau Sumatera, sebaran wilayah yang memiliki peluang hujan > 50 mm mulai menyempit, dengan sebarannya terdapat di sepanjang wilayah bukit barisan, kemudian ke arah selatan meliputi Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung.

Pulau Jawa dan Bali, masih berpeluang mengalami curah hujan > 50 mm. Sementara itu di Nusa Tenggara Barat, sebagian besar pulau Lombok dan wilayah barat Pulau Sumbawa masih berpeluang memiliki curah hujan > 50 mm. Pantai selatan Lombok dan wilayah timur Pulau Sumbawa memiliki peluang kecil. Sebagian besar Pulau Flores, Pulau Rote dan Pulau Timor Nusa Tenggara Timur, masih memiliki peluang curah hujan > 50 mm, sementara itu ujung Timur Pulau Rote ke arah timur sebagian besar Pulau Sumba bagian barat dan selatan Pulau Timor, memiliki peluang kecil untuk memiliki curah hujan > 50 mm.

Wilayah dengan peluang curah hujan > 50 mm di Kalimantan juga mulai berkurang dengan sebaran terluas meliputi 4 provinsi : Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Sementara itu wilayah yang berpeluang kecil untuk memiliki curah hujan > 50 mm terjadi mulai dari Kalimantan Utara bagian utara sampai ke selatan dan di pantai barat Kalimantan Barat.

Sama halnya dengan Kalimantan dan Sumatera, di Pulau Sulawesi sebaran wilayah dengan peluang curah hujan > 50 mm mulai berkurang. Wilayah dengan peluang curah hujan > 50 mm, terdapat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara bagian utara, Sulawesi Tengah bagian Selatan, sebagian Sulawesi Barat dan di Sulawesi Utara bagian timur.

Sementara itu, Wilayah Kepulauan Maluku memiliki sebaran peluang curah hujan > 50 mm hanya di  utara Pulau Halmahera, sebagian kecil di Pulau Seram dan Pulau Buru.

Sebagian besar wilayah Papua Barat masih memiliki peluang curah hujan > 50 mm. Wilayah yang berpeluang kecil untuk memiliki curah hujan > 50 mm adalah di pantai utara yaitu wilayah Jayapura dan Sarmi, kemudian di wilayah Sorong dan Fakfak selatan.

Comments are closed.

Close Search Window